+ -

Pages

Minggu, 04 April 2010

Batu Gneiss

Gneiss adalah batuan metamorf yang mempunyai ciri fisik seperti warnanya putih ke merahan, teksturnya nematoblastik dengan struktur foliasi gneiss. Penyusun batuan ini adalah orthoklas warnanya merah muda bentuk prismatik, plagioklas warnanya putih bentuk prismatik, kuarsa warnanya putih transparan bentuk prismatik, hornblende warnanya hitam bentuk menjarum.

Gneiss terbentuk oleh proses metamorf regional katazone dengan temperature 500C – 1200C dengan tekanan sekitar 5 kilobar. Batuan ini termasuk dalam fasies amphibolites.
Proses penambangan menggunakan system penambangan terbuka karena segala kegiatan yang dilakukan berada pada tempat yang terbuka atau berhubungan dengan udara bebas. Penambangan ini dilakukan dalam skala kecil atau biasanya dilakukan oleh penduduk setempat.

Kegunaannya untuk material bangunan, diantaranya sebagai interior dan sebagai pengalas slab pada atap. Kadang – kadang juga di gunakan sebagai paving pada jalan atau penahan untuk menutupi aliran.


Referensi : Bahan Kuliah
5 Baca Online: Batu Gneiss Gneiss adalah batuan metamorf yang mempunyai ciri fisik seperti warnanya putih ke merahan, teksturnya nematoblastik dengan struktur folias...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >