+ -

Pages

Selasa, 30 Maret 2010

Metallurgi

Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu yang menggunakan prinsip-prinsip keilmuan fisika, matematika dan kimia serta proses enjiniring untuk menjelaskan secara terperinci dan mendalam fenomena-fenomena proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, fenomena-fenomena proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Ketiga ilmu dasar sains digunakan dalam mengembangkan tiga sektor dasar dalam Body Knowledge Metalurgi yang meliputi Metalurgi Kimia, Metalurgi Fisika dan Engenering Proses.

Lingkup bidang metalurgi ini sedemikian luas, dimulai dari pengolahan bahan galian, ekstraksi logam dan pemurniannya, pembentukan dan perlakuan panas logam, teknologi perancangan dan pengoperasian sistem-sistem metalurgi hingga fenomena kegagalan struktur logam akibat beban mekanik dan degradasi logam akibat berinteraksi dengan lingkungannya termasuk pengendaliannya, serta teknologi daur ulang. 
 
Metalurgi adalah ilmu, seni, dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Ruang lingkup metalurgi meliputi:
  1. Pengolahan mineral (mineral dressing)
  2. Ekstraksi logam dari konsentrat mineral (extractive metallurgy)
  3. Proses produksi logam (mechanical metallurgy)
  4. Perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy)


Referensi : Bahan Kuliah
                    Wikipedia
5 Baca Online: Metallurgi Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu yang menggunakan prinsip-prinsip keilmuan fisika , matematika dan kimia serta proses enjiniring untuk m...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >