+ -

Pages

Rabu, 27 Januari 2010

Motor Bensin Dengan Motor Diesel (solar)


Seperti juga motor bensin,motor diesel ini juga adalah motor kalor dengan pembakaran didalam.artinya: pembakaran yang menyebabkan daya usaha kimia bahan bakar diubah menjadi daya usaha mekanik yg terjadi didalam silinder/furing.
Pada kedua motor ini ,didalam silinder terbakar campuran udara dan bahan bakar. pada motor bensin campuran ini di bentuk diluar silinder oleh karburator. Dan pada motor diesel campuran dibentuk di dalam silinder/furing. pada motor diesel udara itu di hisap dan bahan bakar disemprotkan tersendiri dengan pompa bahan bakar/branstop.
Perlu diketahui pada motor bensin perbandingan kompresi itu dilakukan setinggi mungkin , agar kita mendapat randeman yang paling menguntungkan . komprensi yang tinggi ini menyebabkan dalam silinder ini ada suhu yang tinggi dan akibat nya adalah pada pembakaran.yg menyebabkan kalor itu lebih banyak keluar . tetapi kita mengetahui bahwa tekanan kompresi ini tidak boleh dinaik-naikan semaunya . oleh karena jika suhu dalam silinder itu terlampau tinggi , akan terjadi penyallaan sendiri .
Pada motor diesel lain halnya, karena motor diesel ini hanya menghisap udara . udara ini hanya dipadatkan sampai 35 atmosfir dengan tidak ada gangguan dan mencapai suhu 600®C, dan suhu ini jauh melampaui titik penyalaan bahan bakar . Bahan bakar yang disemprotkan tidak jauh dari titik mati paling atas . mulai menyala dengan lansung jadi, disini bahan bakar tidak usah dinyalakan terlebih dahulu oleh cetus listrik .maka pada motor diesel tidak terdapat karburator dan busi.

1. Randemen.
Oleh tekanan komprensi yang lebih tinggi , maka randemen motor diesel juga lebih besar dari pada motor bensin . pada motor diesel juga banyak kalor diubah menjadi usaha pada pembakaran . tiap jam/ tenaga kuda motor bensin memerlukan kira –kira 200 grm minyak gas. jadi untuk jumlah km yg sama yang harus kita tempuh kita tidak usah membawa bahan bakar begitu banyak , jika tenaga motor itu sama .


2. Bahan bakar yang lebih murah.
Tetapi ada lagi keuntungan yang lebih besar jika kita memakai motor diesel sebagai pengganti bensin , kita pakai minyak gas sebagai bahan bakar , minyak gas ini jauh lebih murah dari pada bensin , yaitu kira – kira 1/3 dari pada harga bensin .
Dengan sendirinya oleh randemen yang lebih besar dan bahan bakar lebih murah motor diesel sangat hemat jika dibandingkan dengan motor bensin . penghematan ini jumlahnya 80% .

3. Kopel penggerak.
Selain dari itu kopel penggerak atau momen putar motor diesel itu tidak saja jauh lebih besar dari pada motor bensin, akan tetapi kopel ini juga tetap dapat dikatakan konstan pada jumlah perputaran yang lebih rendah . jadi gaya tariknya lebih besar pada tenaga yang sama , sehingga tidak diperlukan begitu lekas pembalikan hubungan ke percepatan yg lebih rendah . jika umpamanya sebagai pengganti motor bensin dipasang motor diesel, kita dapat memakai motor yang mempunyai tenaga yang lebih kecil.

4. bahaya kebakaran.
Selanjut nya bahan bakar motor diesel boleh dikatakan tdk berbahaya.sebagai di ketahui dengan bensin kita harus berhati-hati sekali,terutama di garasi. pada temperatur udara luar yang biasa bensin telah menguap agak keras dan selain dari itu titik nyala bensin itu adalah kira-kira 20’c.sebalik nya minyak gas baru menyala pada kira-kira 80’c. jadi jauh lebih tinggi dari pada rata-rata temperatur udara luar pada musim panas(20’c).oleh karna itu bahaya kebakaran menjadi lebih kecil.



KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MOTOR DIESEL
KEUNTUNGAN:
a).randemen lebih tinggi
b).bahan bakar lebih murah
c).kopel penggerak lebih besar,terutama pd jmlh perputaran yg rendah
d).penyalaan dgn elektrik dan karburator tidak ada
e).lebih kurang bahaya kebakaran
f).gas buang tidak berbahaya
KERUGIAN:
a).pembuatannya lebih berat
b).pompa bahan bakar dan penyemprot memerlukan pemeliharaan yg teratur dan teliti
c).ongkos pemeliharaan lebih tinggi
d).getaran yg kuat
5 Baca Online: Motor Bensin Dengan Motor Diesel (solar) Seperti juga motor bensin,motor diesel ini juga adalah motor kalor dengan pembakaran didalam.artinya: pembakaran yang menyebabkan daya usa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >